Welcome...

Selamat datang di blog saya. Senang sekali ada yang mau berkunjung. Mencoba menjadi penulis yang baik. Menuliskan topik yang terjadi di sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi, lumayan panjang (walaupun capek mikir dan ngetik wakakaka...), inspiratif, informatif, dan tidak membosankan pembaca (karena saya males baca sebenarnya)... Semoga blog ini bermanfaat buat semua yang mampir. Terima kasih... :)

Thursday, October 2, 2014

Orangtua Selalu Benar

Beberapa hari belakangan ini aku sedang belajar mengenai bagaimana cara menghadapi pasien yang benar. Proses belajar ini dibantu oleh seorang relawan dokter spesialis anak konsultan endokrin. Setiap hari beliau akan memberi masukan terhadap bagaimana aku bersikap kepada pasien, mulai dari memperkenalkan diri, anamnesa, pemeriksaan fisik, pemberian terapi dan lain sebagainya.

Ada satu hal yang paling berkesan dalam proses ini, yakni pernyataan beliau bahwa "Orangtua selalu benar." Jadi jangan pernah meremehkan respon orang tua terhadap kondisi anaknya meskipun kadang kala menurut kita itu terlalu berlebihan dan kadang tidak masuk akal. Mengapa seperti itu? Karena orangtualah yang paling memperhatikan dan mengerti mengenai anaknya.

Suatu pernyataan yang sederhana akan tetapi memberi dampak yang besar.

Ketika merenungkan kembali pernyataan tersebut, aku kembali diingatkan akan betapa jahatnya responku terhadap orangtuaku sendiri. Bukannya mendengarkan malah membangkang. Hmm... Bagaimana ketika aku nanti menjadi orangtua dan anakku bersikap kurang ajar padaku seperti yang aku lakukan pada orangtuaku sendiri? Pastinya aku akan sedih sekali...

Jadi, aku berjanji pada diriku sendiri untuk bersikap baik pada orangtuaku sendiri. Memberikan respon yang benar dengan hati yang benar...

Terima kasih papa mama yang sudah membesarkanku. Bersikap sabar terhadap kelakuanku yang jahat ini.

No comments:

Post a Comment