Welcome...

Selamat datang di blog saya. Senang sekali ada yang mau berkunjung. Mencoba menjadi penulis yang baik. Menuliskan topik yang terjadi di sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi, lumayan panjang (walaupun capek mikir dan ngetik wakakaka...), inspiratif, informatif, dan tidak membosankan pembaca (karena saya males baca sebenarnya)... Semoga blog ini bermanfaat buat semua yang mampir. Terima kasih... :)

Friday, July 30, 2010

Penulis : Tidak Hanya Menulis

-->
Aku sudah menulis bertahun-tahun yang lalu. Kebiasaan menulisku sudah dimulai sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Kelas berapa tepatnya aku lupa. Kebiasaan tersebut awalnya muncul sejak aku mulai membaca sebuah majalah anak-anak. Aku sangat suka membaca majalah tersebut dan berharap pada suatu waktu bisa mengirimkan karyaku ke sana. Dari hanya sekedar ingin mengirimkan karya, lambat laun kegairahan menulis semakin bertambah.
Jika mengenalku sekarang, tidak ada seorang pun yang menyangka dulunya aku seorang yang melankolis. Tidak bisa mengutarakan apa isi hati dan pikirannya secara terbuka. Saat mengungkapkan sesuatu, terkadang aku tidak bisa mengungkapkannya secara benar. Apa yang diucapkan terkadang bisa berbeda jauh dengan apa yang dipikirkan. Walaupun demikian aku bisa mengungkapkan semua pikiran dengan baik dan benar melalui tulisan. Menulis adalah suatu dunia di mana aku bisa mengekspresikan diri secara utuh.
Bagiku, menulis bukan hanya sekedar menuliskan kata-kata tanpa makna. Bukan pula tempat untuk melampiaskan emosi atau menyuarakan pendapat semata. Menulis memiliki makna yang jauh lebih mendalam dari itu semua.
Penulis tidak hanya sekedar menulis. Seorang penulis yang baik bisa menyampaikan sesuatu yang bersifat informatif, mendidik, serta membawa orang akhirnya pada sesuatu yang benar.
Aku hanya seorang pemula. Tidak pernah mempelajari mengenai dunia tulis-menulis secara khusus. Buku yang kumiliki mengenai dunia penulisan hanya sedikit. Mungkin sekitar satu atau dua buku. Walaupun tidak mempunyai pendidikan khusus dan membaca sedikit buku yang khusus membahas dunia ini, namun aku sangat suka membaca. Dari tulisan-tulisan orang aku belajar mengenai karakteristik khusus menulis. Percayalah setiap orang memiliki karakteristik khusus dalam menuangkan pemikiran dalam tulisan. Kamu bisa melihat kejadian yang sama namun memiliki pemikiran yang berbeda. Apabila pemikiran tersebut dituangkan dalam sebuah tulisan, akan menghasilkan suatu karya yang berbeda.
Setiap orang mampu menulis, namun tidak semua bisa menjadi seorang penulis yang baik. Penulis tidak sekedar menulis...

4 comments:

  1. Welcom Yul ^^ Semoga dengan tulisan-tulisanmu kamu menjadi berkat tapi juga terberkati ya..

    ReplyDelete
  2. hoho setuju banget...jadi bertanya2 apakah saya sudah menjadi penulis yang baik...

    ReplyDelete
  3. Hi... Seneng berkenalan dengan orang-orang yang mencintai dunia tulis-menulis. Hehehe....

    Little spark, apa aku kenal ma km? Klo kita belum pernah berkenalan, "Senang bisa berkenalan di sini." :)

    ReplyDelete
  4. keep writing yuli.. senang bisa dapet berkat dari tulisan2 mu..

    ReplyDelete