Welcome...

Selamat datang di blog saya. Senang sekali ada yang mau berkunjung. Mencoba menjadi penulis yang baik. Menuliskan topik yang terjadi di sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi, lumayan panjang (walaupun capek mikir dan ngetik wakakaka...), inspiratif, informatif, dan tidak membosankan pembaca (karena saya males baca sebenarnya)... Semoga blog ini bermanfaat buat semua yang mampir. Terima kasih... :)

Saturday, May 5, 2012

Sebuah Kebetulan ataukah Dalam Rancangan Allah

Sebulan yang lalu sewaktu sedang melihat-lihat film di E-Center Supermal Karawaci secara tidak sengaja aku melihat dvd film serial Skipbeat yang diperankan oleh Choi Siwon. Belakangan ini aku memang lumayan tertarik dengan Siwon lebih tepatnya penasaran karena banyak yang mengidolakannya. Aku penasaran ingin mengetahui bagian mana dari dirinya yang membuat para wanita dari segala usia tertarik padanya. Alasan tersebutlah yang membuatku membeli dvd Skipbeat.

Seperti biasa jika seseorang penasaran maka dia pun biasanya mencari referensi lain. Salah satu alat refensi yang lumayan cepat dan terkini adalah internet. Aku pun mencari referensi mengenai Skipbeat melalui internet. Dari internetlah aku tahu bahwa Skipbeat itu awalnya komik yang dibuat film serial. Pada saat itu juga ntah kenapa tiba-tiba aku teringat pada sebuah komik yang tidak aku baca karena menurutku ceritanya jelek. Coba tebak komik apakah itu? Tidak ada petunjuk? Baiklah aku beritahu... Komik tersebut adalah Skipbeat. Oalah... Ternyata komik yang dulunya aku anggap jelek sekarang aku beli dvdnya. Komik tersebut mungkin sudah berusia 5-6 tahun sekarang. Begitu lamanya terlupakan...

Sebuah kebetulankah?
Aku pernah menulis status facebook mengenai "kebetulan" ini. Pada status tersebut aku bertanya, "Apakah kebetulan itu ada ataukah semuanya dalam rancangan Allah?" Dalam hidup, aku seringkali mengalami suatu peristiwa yang tidak aku sangka. Salah satunya ya di atas tadi yang mengenai Skipbeat. Mungkin bagi sebagian orang peristiwa kebetulan itu seringkali dialami. Aku teringat akan kisah yang pernah aku baca di buku Chicken Soup (lupa yang mana). Kontributor dalam buku tersebut bercerita tentang cincin kawinnya yang hilang ketika dia jatuh ke dalam danau. Dia dan suaminya telah berupaya mencari cincin tersebut ke dalam danau namun hasilnya nihil. Bertahun-tahun kemudian, ketika sedang memotong ikan, dia menemukan cincin kawin tersebut berada dalam perut ikan dalam keadaan utuh. Bukan hanya itu pula. Berbicara mengenai kebetulan, pasti kita akan teringat akan kisah cinta dalam film Serendipity. Suatu kebetulan juga? Kisah lain adalah kisah cinta seseorang yang pernah diceritakan oleh seorang teman padaku. Kisah tentang cewek yang jatuh cinta pada kakak tingkatnya ketika kuliah. Sedihnya kakak tingkatnya tersebut jadian dengan cewek lain. Bertahun-tahun mereka terpisah. Si cowok punya pacar demikian pula si cewek tadi pun akhirnya jadian sama orang lain. Yang unik adalah tujuh tahun kemudian mereka bertemu kembali dan saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Suatu kebetulankah?

Beberapa waktu belakangan ini aku membaca buku mengenai Paulus yang ditulis oleh Charles R. Swindoll. Paulus... Siapa yang tidak mengenal dirinya. Seorang penganiaya pengikut Kristus yang akhirnya menjadi rasul yang memberikan banyak pemikiran-pemikiran berharga dalam kekristenan. Jika membaca perjalanan hidupnya, semuanya berada dalam rancangan Allah. Mari kita lihat pula mengenai Musa. Seluruh hidupnya mulai dari saat kelahiran, diangkat anak oleh putri Firaun, padang gurun, hingga akhir hayatnya semuanya dalam rancangan Allah untuk mempersiapkan dirinya memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir.

Dipilih sejak permulaan
Minggu lalu aku bersama dengan ketiga orang teman ktb (kelompok tumbuh bersama) atau mau disebut juga komsel (kelompok sel) juga boleh. Dalam ktb tersebut seorang teman bercerita mengenai bagaimana proses sehingga dia akhirnya memilih jurusan yang sekarang digelutinya. Suatu proses yang menakjubkan menurutku. Entah mengapa cerita teman ini membuatku banyak berpikir mengenai diriku sendiri. Belakangan ini aku seringkali menganggap diriku tidak berguna. Terkadang pula aku berpikir mungkin aku salah ambil jurusan hingga akhirnya aku mentok di sini. Tidak ada kemajuan signifikan dalam hidupku. Aku bahkan pernah menganggap diriku sebagai produk gagal ciptaan Tuhan. Hahaha... Benar-benar suatu fase kehidupan yang penuh kepahitan.

Dalam perenungan itu aku mencoba napak tilas kehidupanku sejak kelahiran. Mengapa aku lahir di suatu kota kecil yang dalam peta hanya berupa suatu titik kecil saja, mungkin suatu kota yang tidak terkenal. Mengapa aku harus mengalami peristiwa ini. Mengapa aku mengalami peristiwa itu. Juga mengapa aku bertemu dengan orang ini atau orang itu?

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. Mazmur 139:13-16

Seperti dalam ayat di atas. Tidak ada yang namanya kebetulan. Semua hal yang terjadi dalam hidup kita terjadi dalam rencana Allah. Dia tahu tentang kita. Dia kenal kita dari permulaan.

Semua hal. Semua peristiwa yang aku alami entah itu menyenangkan atau tidak menyenangkan adalah rencana Allah. Mungkin kapan-kapan aku akan bercerita menganai hal ini ketika sudah saatnya. Mungkin aku akan bercerita dalam blog ini mungkin pula dalam percakapan-percakapan pribadi. Atau mungkin juga aku tidak akan bercerita apa-apa.

Satu hal yang jelas dalam hidupku adalah BETAPA BESAR DAN MULIANYA TUHANKU...

1 comment: